Karya Penelitian Mahasiswa Darmajaya Tampil di Tanggamus Expo 2017

Karya Penelitian Mahasiswa Darmajaya Tampil di Tanggamus Expo 2017

<
>

Bandar Lampung – Berbagai hasil karya penelitian mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya ditampilkan pada stand Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Tanggamus di acara Tanggamus Expo 2017, 17-18 Maret 2017.

Dosen jurusan Sistem Komputer Darmajaya, Triowali Rosandy, Skom., MTI menerangkan, beberapa hasil penelitian mahasiswa tersebut diantaranya alat rumah pintar (smart home), sistem ketersediaan area parkir, dan lainnya.

“Alat rumah pintar ini merupakan sistem yang berfungsi memudahkan pemilik rumah untuk menghidupkan atau mematiikan peralatan listrik di rumah melalui smartphone.Sehingga untuk menghidupkan atau mematiikan lampu, televisi, kipas angin, menguci pintu cukup melalui aplikasi ini dengan akses wifi atau sms,” terangnya.

Lanjut Trio, masih banyak hasil karya penelitian mahasiswa Darmajaya yang tak jarang berhasil memenangkan hibah dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) baik bidang akademik maupun kewirausahaan.

“Melalui penelitian, mahasiswa Darmajaya bisa menerapkan ilmu yang dimilikinya dari perkuliahan kedalam kehidupan sehari-hari, bersumbangsih berupa ide pemikiran untuk memecahkan permasalahan, dan bermanfaat bagi masyarakat,” paparnya.

Selain menampilkan hasil penelitian mahasiswa, stand Darmajaya di Tanggamus Expo 2017 juga memperkenalkan berbagai program internasional yang dimiliki Kantor Urusan Hubungan Internasional (KUHI) seperti student mobility, passage to ASEAN, joint research, joint degree, dan lainnya.

Melalui berbagai program internasional tersebut, Darmajaya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menambah ilmu pengetahuan bertaraf internasional, menambah wawasan global, mengembangkan kemampuan beradabtasi dengan masyarakat asing, dan mengenal kebudayaan antar negara.

Sementara itu, Sekretaris Balitbangda Tanggamus, Muayin Zen,SP., MMP menuturkan, pihaknya mengapresiasi karya-karya penelitian mahasiswa Darmajaya yang kreatif, inovati, dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Karena itu, Balitbangda Tanggamus bekerjasama dengan Darmajaya untuk menampilkan karya-karya penelitian mahasiswa pada stand di Tanggamus Expo 2017,” ujarnya.

Hubungan kerjasama yang baik tersebut, lanjut Muayin berawal dari Program Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) yang dilaksanakan oleh mahasiswa Darmajaya pada Februari lalu.

“Mahasiswa Darmajaya sangat kreatif menghasilkan karya-karya penelitian, tidak hanya dibidang teknologi saja, tetapi juga bidang ekonomi bisnis. Salah satunya mengembangkan produk-produk kewirausahaan dari usaha kecil menengah (UKM) masyarakat desa Tanggamus,” pungkasnya.(*)

Apakah berita ini menarik?