Mahasiswa Darmajaya Belajar Bangun Usaha Dibidang Komputer

Mahasiswa Darmajaya Belajar Bangun Usaha Dibidang Komputer

<
>

Bandar Lampung –Kemajuan teknologi informasi (IT) yang berkembang pesat saat inimembuat usaha dibidang komputer menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Hal itu disampaikan Owner Linux Metro Solutions, Adi Jaya Saputra, SKom., MTI saat menjadi pemateri Kuliah Umum Membangun Usaha Dibidang Komputer, Jumat lalu (03/02).Kegiatan yang berlangsung di Aula Pascasarjana Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya ini diikuti puluhan mahasiswa jurusan Sistem Komputer.

“Perangkat komputer menjadi peralatan pendukung untuk menjalankan berbagai aktivitas dari pendidikan, bisnis, hingga sekedar games.Penggunanya pun tidak kenal usia dari anak-anak hingga orangtua.Sehingga keberadaan toko penyedia jasa/produk komputer diperlukan dan potensial menjadi peluang usaha,” ujar Adi.

Lanjutnya, ada beberapa usaha dibidang komputerdiantaranya network administrator, bisnis online, jasa servis komputer, jual beli komputerserta aksesoris, rental komputer atau warnet, kursus komputer, dan lainnya.

“E-commerce(perdagangan elektronik)juga tengah berkembang pesat di Indonesia. Seorang wirausaha dapat mempromosikan dan menjual produk secara online dengan pangsa pasar yang luas baik dalam negeri hingga ke luar negeri,” terangnya.

Menurut dosen dari salah satu PTS di Lampung ini, untuk menjadi seorang technopreneurship tidak perlu menunggu lulus kuliah. Bisnis bisa dimulai sejak masih mahasiswa bermodalkan keberanian mencoba, tekad yang kuat, kreatifitas tinggi, terus berinovasi, dan pantang menyerah.

Terpisah, Ketua Jurusan Sistem Komputer Darmajaya, ZaidirJamal, ST., MEngmenuturkan, kuliah umum rutin diselenggarakan setiap tahunnya dengan mengangkat tema yang berbeda sesuai dengan topik yang trend dan paling dibutuhkan mahasiswa.

Dikatakannya, Darmajaya sebagai perguruan tinggi yang berkomitmen membentuk mahasiswa menjadi lulusan-lulusan berkualitas, berkompeten, berdaya saing global, dan berjiwa technopreneurship.

Zaidir Jamal berharap kehadiran praktisi usaha pada kuliah umum dapat memotivasi mahasiswa Darmajaya untuk menumbuhkan jiwa technopreneurship, dan muncul keberanian memulai usaha.

“Sehingga ketika lulus nanti mereka mampu menerapkan keilmuannya dari proses perkuliahan untuk mampu berkompetisi di dunia kerja, dan juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.(*)

Apakah berita ini menarik?