Pemkab Tanggamus Sambut 147 Mahasiswa PKPM Darmajaya

Pemkab Tanggamus Sambut 147 Mahasiswa PKPM Darmajaya

<
>

Bandar Lampimg – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus menyambut 147 mahasiswa program Praktik Kerja dan Pengabdian Masyarakat (PKPM)Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya di Kantor Pemda Tanggamus, kemarin (06/02).

Program PKPM yang berlangsung selama 1 bulan (6 Februari-3Maret 2017)akan dilaksanakan di 17 desa di 3 kecamatan di Kabupaten Tanggamus yakni Kecamatan Gisting, Kota Agung Timur, dan Kota Agung Barat.

Plt Bupati Tanggamus, H. Samsul Hadi diwakili Asisten III bidang administrasi, H. Nur Indriyati, M.Kesmengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa PKPM Darmajaya. Ia juga berterimakasih kepada Darmajaya yang untuk ke5 kalinya mempercayakan dan memilih Tanggamus sebagai lokasi pelaksanaan PKPM.

“Melalui program PKPM, keberadaan mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan bisa terlibat dalam proses pengambilan keputusan dalam pemecahan permasalahan yang dihadapi masyarakat desa tanpa membebani masyarakat,” ujarnya.

Lanjut Nur Indriyati, saat ini setiap desa memiliki kewenangan untuk melakukan peRencanaan hingga evaluasi pembangunan di desa melalui dana desa yang nilainya mencapai Rp 100 juta. Namun kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan aparat desa masih belum akrab dengan teknologi informasi (IT).

“Mudah-mudahan mahasiswa PKPM Darmajaya bisa membantu meningkatkan kemampuan IT bagi SDM dan aparat desa untuk optimalisasi pengelolaan dana desa dengan sistem yang terkomputerisasi,” tuturnya.

Ia juga berharap mahasiswa bisa mensinergikan antara ilmu dari perkuliahan dengan kenyataan di lapangan dalam kehidupan bermasyarakat. Pengetahuan baru yang diperoleh dari hasil pengabdian masyarakat dapat didiskusikan di kampus. Menurutnya, sebagai salah satu perguruan tinggi yang unggul dibidang IT dan ekonomi bisnis, pihaknya percaya Darmajaya bisa bersinergi dengan program pembangunan Lampung khususnya berkenaan dengan E-Goverment.

Kegiatan pelepasan mahasiswa PKPM Darmajaya juga dihadiri Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dan perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tanggamus.

Koordinator PKPM, M. Ariza Eka Yusendra mengatakan, program PKPM berfokus pada mengembangkan daya saing perekonomian desa dan mengelola teknologi informasi di desa. Sehingga mahasiswa dituntut mampu mengeksplor potensi desa baik dari hasil alam, wisata, dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Mereka juga diharapkan dapat mendorong terbentuknya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sehingga produk yang dihasilkan masyarakyat lebih mudah dipasarkan dan membentuk desa yang mandiri.

Sementara Wakil Rektor II Darmajaya, Ronny Nazar, SE., MT menuturkan, PKPM merupakan salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan Darmajaya dibidang pengabdian masyarakat. Melalui kegiatan ini, mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengabdikan diri, belajar bersosialisasi dengan masyarakat, dan mengaplikasikan ilmunya untuk kemajuan desa.

“Mudah-mudahan kehadiran mahasiswa PKPM Darmajaya bisa bermanfaat bagi masyarakat, bersumbangsih memperkuat perekonomian desa, mewujudkan desa IT di Lampung, dan memajukan kualitas sumber daya manusia (SDM) di desa,” harapnya.(*)

Apakah berita ini menarik?