Siap Kembangkan Potensi Desa, 147 Mahasiswa Ikuti Pembekalan PKPM

Siap Kembangkan Potensi Desa, 147 Mahasiswa Ikuti Pembekalan PKPM

<
>

Bandar Lampung –Siap mengembangkan potensi desa, sebanyak 147 mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya mengikuti pembekalan Praktek Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) di Aula Gedung Pascasarjana kampus setempat, kemarin (03/07).

Pembekalan PKPM diisi dengan empat materi yakni etika dalam masyarakat yang disampaikan Muprihan Thaib, S.Sos., MM, teknik pelaporan PKPM olehM. Rafiq SE., MSi, Desa ID oleh Fajrin Armawan, S.Kom, dan potensi ekonomi desa oleh Aswin, SE., MM.

Saat menyampaikan materi, Aswin mengatakan, melalui PKPM para mahasiswa dituntut mampu belajar berinteraksi, bersosialisasi dengan masyarakat sekaligus menjalankan sejumlah program kegiatan untuk mengembangkan potensi desa.

Lanjutnya, kehadiran mahasiswa PKPM di desa diharapkan dapat mentranfer ilmu yang dimilikinya dari perkuliahan kepada masyarakat desa. Selain itu juga memotivasi dan menggerakkan masyarakat untuk lebih mengembangkan potensi yang dimiliki desa.

Mahasiswa dapat menganalisa dan mengoptimalkan potensi potensi yang dimiliki desa baik sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) menjadi produk barang atau jasa bernilai ekonomi yang lebih tinggi dan bisa dipasarkan secara luas.

“Pengelolaan potensi desa yang optimal dapat berdampak positif diantaranya menciptakan usaha-usah baru, menyerap tenaga kerja, menambah pendapatan asli daerah, dan meningkatkan indeks perekonomian daerah,” paparnya.

Ketua Pelaksana PKPM, Edi Pranoto, SE., MM mengatakan, mahasiswa PKPM akan menjalani PKPM pada 6 Februari – 3 Maret mendatang. Tersebar di 17 desa di 3 kecamatan di Kabupaten Tanggamus yakni Kecamatan Gisting, Kota Agung Barat, dan Kota Agung Timur. Sebanyak 147 mahasiswa PKPM terdiri dari 62 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer, dan 75 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Bisnis.

Dihari yang sama mahasiswa PKPM juga mengikuti pelatihan. Materi model bisnis diperuntukkan bagi mahasiswa jurusan Manajemen. Materi laporan keuangan diperuntukkan bagi mahasiswa jurusan Akuntansi. Materi microsoft Office dan web desa diperuntukkan bagi mahasiswa jurusan Sistem Komputer dan Teknik Informatika. Sedangkan mahasiswa jurusan Sistem Informasi mendapat materi video editing.

Lanjutnya, pembekalan dan pelatihan mahasiswa PKPM bertujuan untuk membekali ilmu pengetahuan, dan menambah skill mahasiswa dalam menghadapi PKPM.Sehingga sesampainya di desa, mahasiswatelah mengetahui program apa yang akan dilaksanakan.

“Semoga output dari program ini dapat membuat desa lokasi PKPM menjadi lebih berkembang baik dibidang teknologi informasi maupun dibidang ekonomi bisnis. Sehingga dapat meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), sosial, dan kesejahteraan masyarakat desa,” tandasnya.(*)

Apakah berita ini menarik?